GUNUNG AGUNG ERUPSI 43 PENERBANGAN DARI 8 MASKAPAI KE BALI CANCEL, BANDARA LOMBOK INTERNASIONAL (LIA) DITUTUP

Buletindewata.com, Badung.

Gunung Agung dilaporkan terus mengalami erupsi sampai saat ini. Sejak saat erupsi freatik pertama kali pada 25 Nopember 2017 pukul 17.30 WITA dengan ketinggian 1.500 meter dari puncak kawah, disusul erupsi yang beruntun pada 25 Nopember 2017 pukul 23.00 WITA, berlanjut pada 26 Nopember 2017 pukul 05.05 WITA terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu kelabu gelap bertekanan sedang mencapai 2.000 meter, pukul 05.45 WITA ketinggian erupsi mencapai 3.000 meter dan pukul 06.20 WITA sudah mencapai hingga 4.000 meter dari puncak mengarah ke tenggara dengan kecepatan 18 km per jam.

PVMB terus menerus melaporkan perkembangan erupsi kepada Posko BNPB dan kepada masyarakat. ” Berdasarkan analisis sebaran abu vulkanis yang ditunjukkan satelit Himawari BMKG bahwa sebaran abu mengarah ke timur hingga tenggara menuju ke wilayah Lombok. Sifat dan arah sebaran abu vulkanik tergantung dari arah angin,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

PVMBG telah mengeluarkan peringatan penerbangan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dinaikkan dari oranye (Orange) menjadi merah (Red) . Dilaporkan pula sudah terjadi hujan abu di beberapa tempat antara lain di Desa Duda Timur, Desa Duda Utara, Desa Besakih, Desa Pempetan, Desa Sebudi, Desa Sideman, Desa Tirta Abang dan Desa Amerta Bhuana di Klungkung dan beberapa desa di wilayah Gianyar.

Berdasarkan laporan yang diterima Communication & Legal Section Head Bandara Internasional Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim¬† menyampaikan berdasarkan Notice to Air Men (NOTAM) menyatakan bahwa operasional Bandara Praya/Lombok International Airport (LIA) ditutup sementara mulai pukul 17.55 WITA sampai esok senin 27 Nopember, pukul 06.00 WITA menyusul erosi Gunung Agung di Bali. “Simpulannya adalah Bandara Internasional Lombok Closed due to Mount Agung Vulcanic Ash dari 17.55 s.d 06.00 Wita”, ujar Arie.

Berdasarkan laporan data dari pihak Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali per tanggal 26 Nopember 2017, hingga pukul 17.00 WITA, akibat erupsi Gunung Agung (Cancel Due to Volcano) terdapat 43 nomor penerbangan yang dibatalkan dari 8 maskapai dari dan menuju ke Bali dengan rute penerbangan internasional, yaitu tujuan Singapura dengan maskapai Indonesia AirAsia, Jetstar Asia, Kuala Lumpur Malaysia dengan maskapai Indonesia Air Asia, Hongkong dengan maskapai Cathay Pasific dan Cathay Dragon, Don Mueang-Thailand dengan Thai Lion Air, Narita-Jepang dengan maskapai Indonsia AirAsia Extra, Pert dan Brishbane Australia dengan maskapai Jetstar, Virgin dan Indonesia AirAsia serta ditambah dengan 2 nomor penerbangan dari maskapai Garuda Indonesia dengan tujuan Cengkareng-Jakarta dan Labuan Bajo-NTT dicancel akibat masalah teknis atau tehnical reason. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *