SOSIALISASI JKN-KIS KEPADA BADAN USAHA DI KOTA DENPASAR

Buletindewata.com, Denpasar.

Pada Kamis, 20 Juli 2017 telah dilakukan sosialisasi kepada badan usaha yang belum menjadi peserta JKN-KIS wilayah Kota Denpasar, acara ini dilaksanakan di hotel Puri Sharon Gatot Subroto Barat.

Acara sosialisasi program JKN-KIS kepada Badan Usaha yang belum terdaftar ini dibuka langsung oleh Sekda Kota Denpasar Bapak Drs. A.A. Ngurah Rai Iswara, M.Si., dalam sambutannya ditekankan agar badan usaha berkontribusi dengan ikut serta program JKN-KIS dengan mendaftarkan pekerjanya beserta anggota keluarga ke BPJS Kesehatan sesuai dengan peraturan Presiden 111 Tahun 2013 bahwa pemberi kerja wajib mendaftarkan paling lambat 1 Januari 2015 guna menghindari saksi administratif seperti pengurusan izin usaha dan tidak mendapatkan pelayanan publik sesuai dengan peraturan Pemerintah nomor 86 tahun 2013. Selain itu ditekankan bagi badan usaha yang sudah menjadi peserta untuk ikut serta berkontribusi atau bergotong royong dengan memberikan donasi kepada peserta JKN-KIS dari segmen PBPU menunggak.

Acara sosialisasi tersebut dilanjutkan dengan penandatandatanganan Berita Acara Antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Denpasar Dengan Ketua HIMPI Denpasar Tentang penyerahan Donasi Iuran Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang kurang mampu. Penandatanganan Berita Acara tersebut dilakukan oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Denpasar, dr. Kiki Christmar Marbun, AAK dan Ketua HIPMI Denpasar, Ari Setiya Wibawa.

Penandatanganan Berita Acara ini merupakan salah satu wujud dukungan HIMPI Denpasar untuk turut mendukung program pemerintah serta bentuk kepedulian terhadap peserta JKN-KIS yang kurang mampu di wilayah Kota Denpasar namun masih dalam tahap pendataan untuk masuk dalam tanggungan pemerintah. Mengingat peserta JKN-KIS yang kurang mampu tersebut tetap memerlukan manfaat pelayanan kesehatan yang dapat mengcover kesehatannya satu keluarga.

Penting untuk diketahui bahwa peserta penerima donasi tersebut adalah peserta JKN-KIS tidak dapat lagi melanjutkan pembayaran iuran JKN-KIS setiap bulannya dikarenakan kesulitan ekonomi dari hasil survei kader JKN-KIS wilayah kota Denpasar yang langsung mengunjungi peserta JKN-KIS dari rumah ke rumah.

Disinilah letak prinsip Gotong Royong yang tertanam pada nilai Budaya Indonesia, dimana yang mampu membantu yang tidak mampu, yang sehat membantu yang sakit. HIMPI Denpasar turut mendukung program pemerintah melalui Penyerahan Donasi Iuran JKN-KIS.

Harapan kedepannya Semoga Donasi ini dapat memberikan manfaat bagi peserta JKN-KIS dan sekaligus mendorong badan usaha yang belum mendaftar untuk segera mendaftarkan perusahaan kedalam program JKN-KIS, kartu tetap aktif dan dapat mengakses pelayanan kesehatan sesuai haknya, karena kita semua sama. Demi mewujudkan kesejahteraan menyeluruh bagi warga Kota Denpasar.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *